Politik

Edi Rusyandi: Keputusan Gubernur Jabar Keberpihakan Kepada Dunia Pesantren

KESATUONLINE | Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Golkar, Dapil Kabupaten Bandung Barat, Edi Rusyandi mengatakan, dirinya merasa bersyukur tentang keputusan Gubernur Jabar, M Ridwan Kamil yang mau mendengarkan aspirasi warga pesantren.

Edi berharap, Kepgub itu bisa menampakan keberpihakan pemerintah Jabar kepada pesantren agar aktifitas bisa berjalan dengan aman. Kehendak para kyai membuka kembali aktifitas ini sesungguhnya bentuk tanggungjawab mereka membina generasi.

Sementara ini, sambung Edi Rusyandi, Kepgub termasuk yang perubahan ini masih sekedar memuat tata aturan internal normatif yang sepenuhnya menjadi beban pondok pesantren.  Tindaklanjut dari kepgub tersebut, seyogianya Pemprov Jabar bisa memetakan kondisi pesantren di Jawa Barat.

“Mana yang sudah mandiri dan mana yang layak dibantu infrastruktur, alat dan layanan kesehatan untuk difasilitasi agar bisa menerapkan protokol kesehatan di masing-masing pesantren. Sehingga Pemprov punya peta kebutuhannya,” katanya.

Pemprov Jabar, lanjutnya, harus bisa memastikan alokasi dari sejumlah anggaran refocusing dan sumber-sumber lainnya yang cukup besar itu bagi lembaga dan warga pesantren.

“Diluar itu, kita ingin Pemprov Jabar secara pro aktif bisa mengkoordinasikan pemda kota/Kabupaten dan juga kementerian agama sebagai leading sector utama penyelenggaraan pendidikan pesantren untuk berkolaborasi memastikan segala kebutuhannya,” ujarnya.

“Sampai saat ini masih banyak yang harus dilakukan Pemprov Jabar agar bisa mengeluarkan kebijakan sesuai dengan kebutuhan pesantren,” pungkasnya menutup. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top