Pemerintah

Diskominfo Purwakarta Diganjar Penghargaan Terbaik se-Jabar

KESATUONLINE | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta mendapatkan penghargaan sebagai instansi dengan laporan hasil pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan urusan persandian pemerintah daerah tahun anggaran 2019 terbaik se-Jawa Barat (Jabar).

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerja cerdas semua jajaran. Diskominfo Purwakarta awal tahun ini diberikan kabar baik mendapatkan penghargaan. Kami dinyatakan sebagai instansi dengan laporan hasil pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan urusan persandian pemerintah daerah tahun anggaran 2019 terbaik tingkat kabupaten dan kota se-jawa barat,” ujar Kadis Diskominfo Siti Ida Hamidah, disela Sosialisasi dan Bimtek Persandian untuk Pengamanan Informasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta Tahun 2021, di Hidden Valley, Rabu 17 Maret 2021.

Ia mengatakan, semoga awal ini bukan yang terakhir, tapi sebagai pemicu motivasi semua jajaran untuk kedepannya. Menurutnya, perlindungan informasi merupakan peran dan tanggung jawab persandian.

Persandian menyediakan berbagai metode dan teknik yang sangat dibutuhkan untuk memberikan keamanan, agar terhindar dari kejahatan dunia maya seperti penipuan, pemalsuan informasi dan pencurian data yang memanfaatkan ranah siber dan internet, apalagi jika kontennya masuk dalam rahasia negara.

“Faktanya, sekarang ini hampir semua transaksi dilakukan melalui media internet, baik urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis maupun yang sifatnya pribadi,” tuturnya.

Menurutnya, urusan persandian merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar.

“Persandian sangat membantu komunikasi intern organisasi perangkat daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama melindungi informasi dari potensi ancaman,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana berkesempatan membuka acara Sosialisasi dan Bimtek Persandian untuk Pengamanan Informasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta Tahun 2021. Menurutnya apa yang sudah diraih oleh Diskominfo Purwakarta agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, prestasi ini dapat diraih berkat kerjasama yang solid pada dinas terkait. Harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi,” kata Iyus. [rls]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top