Pendidikan

Kampus Universitas Negeri Jakarta Kembangkan Media Belajar Quran Hadits berbasis Moderasi Islam

KESATU ONLINE – Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Univeristas Negeri Jakarta (UNJ), Mushlihin MA, melakukan pendampingan pembelajaran di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda Kabupaten Bekasi, pada 23-25 Agustus 2021.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan beberapa model pengembangan media pembelajaran tafsir Al Quran berbasis moderasi Islam.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiataan ini bertujuan untuk mengkolaborasikan dunia pesantren dan perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi.

“Secara spesifik kegiatan ini bermaksud untuk komunikasi di dunia pesantren, dan kemampuan dalam pembuatan produk media pembelajaran berbasis teknologi terkini secara bertahap dan sistematis, memberikan contoh produk jadi yang aplikatif untuk proses pembelajaran, dan contoh simulasi bagaimana cara menerapkan produk media tersebut dalam proses belajar mengajar di pesantren,” katanya.

Terakhir dia menambahkan, Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada para guru agama Pondok Pesantren Nurul Huda, dalam mengembangkan media pembelajaran Quran Hadits berbasis Moderasi Islam.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan diawali dengan identifikasi kebutuhan, kemudian dirancang dan dibuat sebuah model pengembangan media pembelajaran tafsir Al-Qur’an berbasis moderasi Islam secara pedagogis dan metodologis. Produk ini kemudian dijadikan contoh kongkrit dalam kegiatan pembelajaran di pondok pesantren tersebut,” pungkasnya.[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top