Pendidikan

Pengabdian Dosen PAI UNJ, Latih Guru-guru di Ponpes Nurul Huda Bekasi

KESATU ONLINE – Walau di tengah konsisi pandemi Covid-19 para dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), program study Pendidikan Agama Islam (PAI) masih aktif menjalankan aktivitas pengabdian.

Kali ini, kegiatan pengabdian dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nuru Huda Kabupaten Bekasi.

Dosen pengampu Ulumul Hadits Prodi PAI UNJ Khairil Ihsan Siregar Lc MA mengatakan, pengabdian kepada masyarakat yang kedua ini adalah Pelatihan Strategi Pembelajaran Hadits dalam Memahami karakteristik Hadis Marfu, Mauquf dan Maqthu’.

“Karena memperkenalakan ilmu hadits sangat dibutuhkan guru-guru pesantren. Bagi guru-guru mitra masih perlu berbagi pengalaman ilmu dalam memperkenalkan strategi pembelajaran agar tujuan memahamkan pelajaran kepada siswa mencapaian target maksimal,” ujar Khairil menjelaskan.

Dia menjelaskan, melalui pelatihan ini tentunya sebagai motivasi guru agar bisa mewujudkan mata pelajaran dalam bentuk aplikasi yang sederhana.

“Maka melalui pelatihan ini mengambil akan sampel mata pelajaran ilmu hadits tetang bagaimana dapat membedakan tiga istilah penting dalam ilmu yaitu hadits marfu, hadits mauquf dan hadits maqthu,” katanya.

“Dan pelatihan akan memotivasi guru-guru agar dapat mewujudkan mata pelajaran dalam bentuk aplikasi sederhana karena zaman sekarang sudah selayaknya harus mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang,” pungkasnya.[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top