Pendidikan

Dosen PAI UNJ: Implementasi Karakter Islami Harus Bersumber dari Al-Quran

KESATU ONLINE – Prodi PAI Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Yusuf Ismail, MA.Hum, mengatakan, masyarakat Indonesia, khususnya para remaja memerlukan bimbingan untuk implementasi karakter Islami yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadis.

Menurutnya, kondisi remaja adalah kondisi yang di mana manusia berhadapan dengan kondisi yang sering labil dan karenanya memerlukan dukungan dan bimbingan.

“Salah satu bimbingan yang diperlukan adalah bimbingan untuk memahami dan mengimplementasikan karakter Islami berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadis,” jelasnya, saat melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat dengan mengangkat tema “Pendampingan Peningkatan Pemahaman Dan Implementasi Karakter Islami Perspektif Al-Quran”.

Namun demikian, terkadang diperlukan bantuan untuk pengembangan pemahaman dan implementasi karakter islami perspektif al-Quran mengingat tidak semua pihak dapat menjelaskannya.

Terlebih penjelasan kepada para remaja memerlukan pendekatan yang khusus dan relevan.

“Karena itu, adanya program pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kesempatan bagi remaja untuk memahami bagaimana implementasi karakter islami kepada para remaja sehingga nantinya dapat lebih memahami bagaimana menerapkan kepada para remaja,” paparnya.

Kegiatan yang berlangsung secara daring pada Sabtu, 29 Agustus 2021 dengan melibatkan dosen dan remaja di wilayah Jabodetabek.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan penuh dari Koordinator Program Studi Pendidikan Agama Islam serta Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta dan MATAN UNJ.

Harapannya, kegiatan ini dapat dilanjutkan dalam praktik keseharian dalam menyeru kepada Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan secara sinergis mengurangi atau meminimalisir adanya pemahaman Islam yang ekstrem serta mengedepankan pembentukan akhlak muslim yang berdasarkan Al-Quran dan Hadis dari Nabi Muhammad SAW. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top