Pendidikan

Penguatan Spiritualitas Islam di Masa Pandemi ala Dosen Universitas Negeri Jakarta

KESATU ONLINE – Spiritualitas merupakan salah satu dimensi penting Islam selain Aqidah dan Syariah.

Demikian hal tersebut disampaikan, Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Firdaus Wajdi.

Menurutnya, masyarakat Indonesia perlu mendapatkan dukungan pemahaman dan implementasi spiritualitas Islam yang baik. Khususnya pada segmen remaja di urban area, peningkatan spiritualitas di masa pandemi membutuhkan dukungan dari segenap pihak.

Dalam kerangka inilah, Dosen Prodi PAI UNJ berusaha untuk memberikan penguatan Spiritualitas melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 29 Agustus 2021. Kegiatan ini ditujukan kepada remaja yang sering beraktivitas di sekitar Rawamangun, Jakarta Timur.

Dalam pemaparannya, Firdaus Wajdi menyampaikan bahwa menurut pemikir Muslim, spiritualitas adalah pengerahan segenap potensi rohaniah dalam diri manusia yang harus tunduk pada ketentuan syar’i dalam melihat segala macam bentuk realitas baik dalam dunia empiris maupun dalam dunia kebatinan.

Tujuan dari spiritualitas itu sendiri adalah, peningkatan kualitas iman dan taqwa, peningkatan kualitas ibadah, peningkatan kualitas akhlak, tercapainya perdamaian hakiki dan keselamatan dunia akhirat.

“Pemahaman dan implementasi spiritualitas dalam pribadi Muslim adalah kebutuhan yang perlu senantiasa diperbaharui untuk memberi semangat yang kuat. Konsepsi ini diharapkan dapat membentuk pribadi Muslim yang seutuhnya, sukses di dunia dan di akhirat,” paparnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini terlaksana atas dukungan penuh dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta dan Mahasiswa MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah) dikenal memiliki kepedulian yang tinggi dalam pembinaan karakter Islami para remaja melalui kajiannya.

“Harapannya, kegiatan ini dapat dilanjutkan dalam praktik keseharian dan mewarnai dinamika dan perkembangan keislaman di urban area,” pungkasnya. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top