Jawa Barat

Warga Lapas Purwakarta Panen Tanaman Sayur Hidroponik

KESATU ONLINE – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Kelas IIB Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) panen tanaman sayur Hidroponik.

Tanaman Hidroponik yang ditanam warga binaan itu berupa kangkung, bayam hijau dan bayam merah

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Purwakarta, Sopiana mengatakan, taman hidroponik tersebut berdiri sejak tahun 2020, dengan menggunakan pipa paralon 2,5 inci, talang air, netpot hidroponik, mesin pompa air dan pupuk.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Bidang Pertanian serta mendukung program Resolusi Pemasyarakatan bidang ketahanan pangan di Lapas Kelas IIB Purwakarta,” ujar Sopiana, kepada wartawan pada Rabu 29 September 2021.

“Sebagai wadah untuk belajar dan memperkaya ilmu untuk mereka gunakan jika ingin membuat kebun hidroponik sendiri ketika bebas nanti,” katanya.

Menurutnya, saat ini permintaan sayuran Lapas Purwakarta juga cukup banyak, selain pegawai Lapas sendiri, juga Toko Fresh Mart dan warga di sekitar Lapas Kelas IIB Purwakarta ini rutin memesan.

“Kita telah memproduksinya dengan sistem hidroponik dan kita pasarkan di warga sekitar Lapas Purwakarta serta petugas Lapas Purwakarta ini. Alhmdulilah hasil panen kali ini berupa kangkung, bayam hijau dan bayam merah sebanyak 11 kilogram,” katanya.

“Kami berharap pembinaan di Lapas Kelas IIB Purwakarta ini akan berguna, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Kami juga mengingnkan WBP ini saat bebas nanti memiliki modal ilmu yang kuat untuk menjalani hidup bersama keluarganya dan tentunya tidak mengulangi perbuatan yang dapat membuatnya kembali masuk ke Lapas Purwakarta ini,” pungkasnya.[hit]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top