Pemerintah

Sekolah Membatik Akan Hadir di Purwakarta

KESATU ONLINE – Bertepatan dengan momentum Hari Batik Nasional 2021, belum lama ini Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta menggelar Festival Membatik.

Salah satu perajin batik Purwakarta, Wida Awaliya Nurkhaliza Meranti mengatakan, konsep pengembangan desain batik kontemporer Indonesia secara garis besar terletak pada potensi unggulan daerah dan kearifan lokal masyarakat.

“Para pengusaha dan perajin batik berperan menjawab tantangan dengan inovasi pengembangan produk yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas batik di era industri kreatif ini,” katanya.

Wida juga berkeinginan merepresentasikan potensi-potensi khas daerah Kabupaten Purwakarta melalui bentuk visual yaitu, batik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saepudin melalui Kepala Bidang Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq mengungkapkan, dalam upaya melestarikan budaya dan tradisi membatik dan dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional 2021, Disporaparbud bersama sejumlah pihak terkait menggelar Culture Art Festival (CAF) Festival Membatik Bagi Generasi Muda.

“Melalui festival ini, kami berupaya mengedukasi generasi agar mau melestarikan budaya dan tradisi bangsa sendiri. Karena suka atau tidak, tradisi itu mencirikan diri kita sendiri,” kata Ahmad Arif Imamulhaq.

Menurutnya, selain mengupayakan kegiatan festival dan pelatihan membatik ini menjadi agenda rutin, dengan persetujuan pimpinan, pihaknya juga akan menggagas semacam kelas-kelas membatik atau sekolah membatik yang diperuntukkan bagi semua kalangan.

“Kita sedang mendiskusikan kurikulumnya dengan para penggiat Komunitas membatik Purwakarta dan pihak terkait lainnya,” pungkasnya. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top