Jawa Barat

Cegah Longsor, satgas Citarum Tebar Tanaman Vetiver di Bantaran Sungai

KESATU ONLINE – Satgas Citarum Sektor 13  kebut penanaman pohon di sepanjang bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Kegiatan penghijauan itu, selain untuk menahan pergerakan tanah aliran sungai, juga bertujuan untuk mengembalikan keasrian Citarum.

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf Dwi Sunyata mengatakan, pihaknya terus melakukan percepatan pemulihan sungai. Seperti membersihan sampah dan pengerukan areal dangkal serta melakukan penghijauan di bantaran sungai.

Kali ini, Sektor 13 tengah melakukan pembibitan tanaman tanaman jenis Vetivera di Lahan Demplot Sektor 13 tepatnya Cilangkap RT02 RW01 Desa Cadassari Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta.

“Selain tanaman keras kita juga bakal tanam tamanan jenis ini di sepanjang aliran sungai,” kata Dansektor, pada Kamis 7 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, sengaja memilih tanaman yang memiliki nama ilmiah Vetiveira zizanioides L atau Andropogon murica ini lantaran memiliki bentuk berupa rumput dengan akar yang rimbun.

Pasalnya tanaman vetiver mampu mencegah longsor karena tanaman tersebut mampu menahan gempuran aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah. 

“Akar rimbunnya tersebutlah yang menjadi alasan mengapa tanaman ini menjadi salah satu tanaman andalan dalam mencegah erosi ataupun tanah longsor,” ujarnya.

Sejumlah upaya yang dilakukan diharapakan dapat mengembalikan keasrian sungai. Tak lupa dia mengajak kepara seluruh lapisan masyarakat untuk merawat dan menjaga sungai agar tetap bersih.

“Karena kalau bukan kita siapa lagi,” pungkasnya. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top