Pendidikan

Sejumlah Tokoh Nasional dan Jabar Gembleng Generasi Muda Purwakarta Berpikir Kritis

KESATU ONLINE – Sejumlah tokoh hadir Nasional dan Jawa Barat (Jabar), hadir dalam kegiatan Forum OSIS dan MPK Kabupaten Purwakarta atau FOMPA bersama Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (DISPORAPARBUD) Purwakarta dalam rangka Diklat Kepemimpinan Pelajar dan Mahasiswa sesi pertama pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021.

Dalam kegiatan itu hadir Anggota Komisi II DPR-RI, Zulfikar Arse Sadikin, Ammar Fauzi, Ph.D Andito Suwignyo dan Abdullah Dahlan, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

Acara yang dihadiri lebih dari 100 pelajar dan mahasiswa se-Kabupaten Purwakarta ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan pelajar dan mahasiswa Purwakarta mengenai pemuda, demokrasi, serta kesadaran berbangsa dan bernegara.

Zulfikar Arse Sadikin, anggota komisi II DPR-RI menyampaikan pesan kepada para peserta bahwa munculnya kesadaran ditandai dengan adanya keterlibatan melalui media sosial dan aktif dalam berorganisasi.

Baca Juga:  Jabar Akan Hadirkan Sentra Vaksinasi di Mal

“Saya berharap kaum zilenial yang saat ini jumlahnya terus bertambah dapat memanfaatkan waktunya untuk terus menimba ilmu, menguasai teknologi digital dan informasi serta aktif dala organisasi. Semua itu akan menjadi bekal yang berguna dalam menggapai cita-cita pribadi maupun berkarya bagi bangsa dan negara,” ungkap mantan aktivis UGM tersebut.

Zulfikar menambahkan dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, peran pemuda ditandai dengan keterlibatannya  mengawal, mengkritisi, dan mendukung aktivitas pemerintah baik di daerah maupun pusat melalui berbagai media, salah satunya media sosial.

Pandangan Zulfikar tersebut diperkuat oleh Abdullah Dahlan, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat bahwa pada 2024 nanti, 60 persen peserta pemilu merupakan pemilih pemula sehingga diperlukan kesadaran berbangsa dan bernegara pada diri pemuda guna memicu kecerdasan dalam memilih pada 2024 nanti.

Baca Juga:  PT South Pacific Viscose Purwakarta Turut Andil Sukseskan Vaksinasi Covid-19

“Pada 2024 nanti, pemilih kita didominasi oleh pemilih pemula dengan persentase 60 persen dari keseluruhan pemilih. Maka diperlukan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara untuk mengkokohkan idealisme pemuda agar mampu menjadi pemilih yang cerdas.” kata Abdullah

Sementara Ketua Umum FOMPA, Kevin Pradivta Wijaya mengharapkan dari kegiatan ini, para peserta khususnya pelajar Purwakarta mampu menjadi agen sosialisasi kepada sesama pelajar terkait dengan pentingnya membangun praktik demokrasi dalam memimpin organisasi di sekolah sebagai simulasi peran aktif dalam praktik bernegara di masa Indonesia emas 2045 nanti.

Baca Juga:  KPK Supervisi Program Pendidikan Anti Korupsi ke Disdik Purwakarta

Antusiasme peserta terlihat jelas dari banyaknya pertanyaan kritis dan apresiasi yang mereka sampaikan dalam forum.

Perwakilan peserta dari pelajar, Kireina Olivia mengaku bahwa ia mendapatkan banyak ilmu baru yang bermanfaat dari kegiatan ini. Ia merasa bersemangat untuk mengimplementasikannya di lingkungan organisasi sekolah guna menjadikan pelajar sekolahnya yang aktif dan kritis.

“Saya pribadi merasa sangat senang dengan kegiatan ini, banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dan bisa saya terapkan dalam kegiatan berorganisasi di sekolah maupun di lingkungan sehari-hari,” tutur gadis 16 tahun asal SMAN 1 Purwakarta.[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top