Pendidikan

Pelajar dan Mahasiswa Purwakarta Digembleng Nilai-nilai Karakter Kepemimpin

KESATU ONLINE – Lebih dari 100 pelajar SMA/SMK/MA dan mahasiswa Purwakarta ikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) sesi 1 yang diselenggarakan oleh Bidang Kepemudaan, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

Diklatpim yang mengusung tema umum tentang Filosofi Nilai-Nilai Kebangsaan di Era Digital dengan menghadirkan narasumber dari Direktur Sekolah Tinggi Filsafat Indonesia (STFI) Sadra Jakarta, Ammar Fauzi, Ph.D., dan Analis Kebijakan Publik, Andito Suwignyo.

Materi yang dibawakan dengan seru membuat para peserta yang rata-rata generasi zilenial mengikuti kegiatan tersebut dengan serius namun santai hingga sore hari. Hal ini dapat terlihat dari antusiasme interaksi para zilenial dengan narasumber yang mengundang jenaka sehingga materi tersampaikan dengan baik.

Dimas Pramudya, perwakilan pelajar SMKN 2 Purwakarta menuturkan terima kasih kepada panitia penyelenggara Diklatpim ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, karena dari kegiatan ini saya mendapatkan pandangan-pandangan baru mengenai peran zilenial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di era digital. Materinya pun disampaikan dengan cara yang tidak membosankan,” ujar Sekretaris Umum Forum OSIS MPK Purwakarta (FOMPA) ini.

Sementara itu, Kadisporaparbud H. Agus Hasan Saepudin yang diwakili oleh Kabid Kepemudaan menyampaikan dalam sambutannya bahwa nilai-nilai dasar yang harus dimiliki zilenial adalah karakter luhur.

“Nilai-nilai dasar dalam kehidupan itu karakter yang luhur. Karakter luhur itu ada dua, karakter kinerja dan karakter moral. Selain anda sekalian harus memiliki karakter kinerja misalnya kerja keras, tangguh, tuntas, dan rajin, anda juga harus memiliki karakter moral misalnya berupa jujur, santun, dan ramah. Mereka yang tidak memiliki karakter keduanya akan sulit bersaing di era digital seperti saat ini,” tutur kang Ahmad Arif Imamulhaq.

Diklatpim sesi 1 ini merupakan pertemuan awal dari rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dalam kurun waktu 2 bulan ini.

“Kegiatan hari ini insyaallah menjadi awal dari rangkaian kegiatan diklat kepemimpinan pelajar dan mahasiswa ke depannya. Kami harap, anda semua selalu menunjukkan keseriusan serta rasa keingintahuan sehingga pada sesi berikutnya, kita dapat berjumpa kembali. Program ini menjadi ikhtiar kami, pemerintah daerah dalam mempersiapkan generasi muda Purwakarta yang lebih baik. Untuk itu, manfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin, jangan pernah merasa letih dalam belajar,” tutupnya.[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top