Jawa Barat

Purnapaskibraka Duta Pancasila Purwakarta dan Jabar Resmi Ditetapkan

KESATU ONLINE – Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah negara termuat dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pancasila harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui program pembinaan ideologi Pancasila.

KESATU ONLINE – Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah negara termuat dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pancasila harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui program pembinaan ideologi Pancasila.

Dalam rangka melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila kepada generasi muda diantaranya dilakukan melalui program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2021.

Pembinaan Pancasila bagi generasi muda sangat penting dalam rangka menumbuhkan kesadaran nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sejak dini. Di tengah kebhinekaan yang dianugerahkan Tuhan kepada bangsa inI, kita mesti melalukan ikhtiar dalam menjaga dan merawat persatuan bangsa menuju keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai tujuan didirikannya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta melalui Kabid Kepemudaan, Ahmad Arif Imamulhaq didampingi Kepala Seksi Kepemimpinan dan Kepeloporan, Abi Jawahir dan Kepala Seksi Kelembagaan dan Kemitraan, Agus Syamsudin, Sabtu, 11 Desember 2021 di Taman Mayar Datar usai mengikuti acara penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila Kabupaten Purwakarta.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bupati Hariman Budi Anggoro, Kepala Kesbangpol, Totong Hidayat, Danramil Sukatani mewakili Dandim 0619, Pelatih Serma Andi Martha, M. Shopyan dan Hadi Pradipta dari unsur senior PPI, Perwakilan Cadin Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kasubbag Renlap Disporaparbud, Eric Senjaya, Staf Bidang Kepemudaan dan perwakilan Forum OSIS dan MPK (FOMPA).

Pelaksanaan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diikuti oleh 27 Kabupaten/Kota ini diselenggarakan secara terpusat di gedung sate Bandung dengan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Moch. Ridwan Kamil. Dalam sambutannya, RK menitipkan amanat agar generasi muda selalu menjadikan Pancasila sebagai dasar pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Kita ini negara dengan kebhinekaan yang dari perbedaan yang disatukan dengan perjanjian agung yang tercantu dalam Pancasila. Kita patut bersyukur sampai dengan tahun 2021 ini dapat menjaga keutuhan bangsa dalam persatuan dikarenakan adanya Pancasila.

Sebelum amanat Gubernur Jawa Barat, para peserta Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Jawa Barat membacakan ikrar terlebih dahulu yang dipimpin oleh Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI, Rima Agristina.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh staf ahli, Hariman Budi Anggoro, bupati Purwakarta mengharapkan Purnapaskibraka sebagai duta Pancasila dapat mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dan sekaligus menjadi suri tauladan dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari, khususnya bagi teman sebayanya.

Prosesi penetapan juga diisi dengan penyematan pin dan penyerahan piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Ketua BPIP RI.[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top