Pemerintah

Tentukan Masa Depan Bangsa, Disporaparbud Purwakarta Gelar Talkshow Pemuda

KESATU ONLINE – Pembangunan kepemudaan hakikatnya adalah membangun masa depan suatu masyarakat, bangsa dan negara. Karenanya mempersiapkan generasi muda yang bertaqwa, cerdas dan berakhlak mulia merupakan suatu keniscayaan yang mesti diwujudkan di setiap masa.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta melalui Kepala Bidang Kepemudaan Ahmad Arif Imamulhaq didampingi Kepala Seksi Kepemimpinan dan Kepeloporan Abi Jawahir usai menghadiri acara talk show bertema “What should you do before turn you 20th ?”, Jum’at, 17 Desember 2021 di Aula Disporaparbud Kabupaten Purwakarta.

Acara yang dihadiri para pemuda pelajar dari Paskibraka Kabupaten Purwakarta dan Forum Silaturahmi Pemuda Purwakarta tersebut menghadirkan narasumber dari perwakilan Duta GenRe, Ikhsan Insanul Hakim,  Mojang Jajaka Gianeu Putri Azahra dan Tita Devita staf bidang kepemudaan Disporaparbud.

Kang Ahmad, panggilan akrab Kabid Kepemudaan menambahkan bahwa penting untuk menumbuhkan kesadaran dalam jiwa generasi muda tentang eksistensinya sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara dalam bingkai NKRI.

“Setiap pemuda pemudi perlu ditumbuhkan kesadarannya akan eksistensinya sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara sehingga mereka dapat terus bergerak membentuk karakter dan kapasitasnya untuk bersama-sama dengan komponen lainnya guna memajukan bangsanya dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,”  tegasnya.

Sementara itu, Ikhsan Insanul Hakim menyampaikan bahwa kita selaku pemuda penerus bangsa, generasi harapan bangsa, pemimpin di masa depan, merencanakan dan mempersiapkan cita-cita untuk masa depan sangatlah penting.

“Ilmu pengetahuan dan moral sangatlah penting di era digital ini, ilmu adalah kunci kesuksesan sedangkan adab atau moral lebih tinggi daripada ilmu. Maka persiapkanlah ilmu pengetahuan untuk masa depan supaya berbuah pada akhlakul karimah,” kata Duta GenRe tersebut.

Acara yang dimoderatori oleh Lailatul Azizah dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Fajria Sanatul Fauzia, mahasiswa Unpas Bandung menampilkan pula games menarik yang dibawakan Tita Devita, staf bidang kepemudaan.

“Saat ini kita sedang berada di era revolusi industry 4.0 dimana teknologi dan komunikasi pun semakin meningkat, para remaja maupun pemuda pun akan menghadapi quarter life crisis (proses pencarian jati diri yang biasa terjadi di usia 20 tahun) mau tidak mau mereka harus dapat menyesuaikan perkembangan zaman tersebut dengan hal yang sudah dipersiapkan. Salah satunya harus sudah tahu passion dan skill diri sendiri untuk meningkatkan integritas mereka masing-masing,” ungkap Gianeu Putri Azahra, Mojang Harapan 1 Kabupaten Purwakarta 2021.

“No matter who you are, where you’re from, your skin color, your gender identity, just speak yourself, find your passion and find your character,” pungkas mahasiswi Tanri Abeng University, Jakarta.[rls]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top