Nasional

Selama 2021 Kabupaten Purwakarta Berhasil Ekspor Kramik Hingga 19 Kontainer

KESATU ONLINE – Melandainya kasus yang terpapar Covid-19 sejak 2021 ini sangat berdampak pada peningkatan ekspor kramik di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

UPTD Sentra Kramik Plered, Kabupaten Purwakarta mencatat jumlah ekspor kramik selama 2021 mengalami peningkatan dibandingkan 2020.

Kepala UPTD Sentra Kramik Plered, Kabupaten Purwakarta, Mumun Maemunah mengungkapkan selamat 2021 ekspor kramik fungsi dan hias asli Kabupaten Purwakarta kembali meningkat.

Pada 2021 ini para pengusaha kramik bisa mengekspor sebanyak 19 kontainer. Berbeda dengan 2020 ekspor keramik ke luar negeri hanya 11 kontainer.

“Jadi tahun ini ada peningkatan, meski jumlahnya tidak seperti 2019 yang mencapai 61 kontainer,” kata Mumun Maemunah, saat dijumpai di ruang kerjanya pada Selasa 21 Desember 2021.

Menurutnya, capaian 2020 dapat dikatakan sedikit mengingat Indonesia pada akhir 2019 dilanda bencana nonalam, yakni merebaknya wabah virus corona yang berdampak pada perekonomian masyarakat, termasuk ekspor kramik ke luar negeri.

“2020 itukan ekspor ke luar negeri sempat ditutup, 2021 kembali dibuka,” katanya.

Dia menyampaikan, berbagai upaya tetap dilakukan seperti meningkatkan kualitas dan menjaga kepercayaan para konsumen di luar negeri. Targetnya pada 2022 mendatang jumlah ekspor kerajinan tangan terbuat dari tanah liat ini bisa mengulang kembali seperti 2019 yang mencapai 61 kontainer.

“Tahun depan sudah ada rencana mau ekspor kramik jenis pot ke Korea, mudah-mudahan terealisasi,” jekasnya.

Adapun tujuan ekspor kramik ke luar negeri yakni ke berbagai negara di benua Eropa, Asia dan Amerika dengan jumlah beragam tergantung keperluan mereka.

Selain itu, mengenai pasar lokal di Indonesia juga tetap berjalan dan dipertahankan dengan berbagai cara, di antaranya menjaga kualitas agar para konsumen tetap percaya terhadap kualitas kramik Plered.

“Ke berbagai negara di tiga benua itu sih memang sudah langganan, jadi kita sudah dipercaya mengenai kualitas kramik Plered ini,” pungkasnya. [hit]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top