Purwakarta

Produksi Padi di Purwakarta Naik 7,32 Persen

KESATUONLINE – Berdasarkan data Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS) periode Januari-Desember 2020/2021, Kabupaten Purwakarta dinyatakan mengalami kenaikan capaian peningkatan produksi padi sebesar 7,32 persen.

Atas upaya peningkatan produksi padi tersebut, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta mendapatkan piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Pada Jumat 08 April 2022 lalu, dalam agenda Monitoring Bazar (Pasar Tani) Murah Dinas Pangan dan Pertanian, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan tersebut secara simbolis kepada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Pemda Prov Jabar Gandeng Hotel Sediakan Tempat Pemulihan Pasien COVID-19

“Dengan kerjasama dengan semua pihak terkait, kami berharap produksi padi di Purwakarta akan terus meningkat, agar kebutuhan pokok masyarakat Purwakarta dapat terpenuhi,” kata Ambu Anne.

Dalam agenda tersebut, nampak hadir Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Herlina, Kepala Dispangtan Sri Jaya Midan, Kepala Diskanak Budi Supriyadi dan Kepala DKUPP Karliati Juanda.

Baca Juga:  Pak Uu Tinjau Penerapan Prokes di Mal

Bazar Ramadan Hasil Pertanian

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta gelar pasar murah beragam sayuran murah dan berkualitas. Selain itu, Dispangtan bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan, dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian juga menjual daging dan telur ayam.

Berkaitan dengan Bazar Ramadan hasi pertanian ini, Ambu Anne mengungkapkan bahwa nazar yang digelar pada hari ini merupakan produk yang dihasilkan oleh para petani di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Liga Santri, Santri Ponpes Raudlatut Tarbiyyah Liunggunung Purwakarta Masuk Babak Semi final

“Bazar ini secara rutin akan digelar setiap hari Jumat, selama bulan Ramadan. Bazar Pasar Murah ini juga akan digelar di setiap kecamatan yang akan dimulai tanggal 18-28 April 2022,” kata Ambu Anne.

Tambah Ambu Anne, meski produksi sayuran di Purwakarta belum bisa memenuhi konsumsi masyarakat, namun Kabupaten Purwakarta patut berbangga karena ada satu produk pertanian, yaitu padi, yang setiap tahunnya selalu mengalami surplus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top