Jawa Barat

Masuk Tahun Ketiga, Dosen UNJ Latih Guru Mitra di Ponpes Nurul Huda Bekasi

Khairil Ikhsan Siregar, dosen Prodi PAI UNJ sedang memberikan pelatihan kepada para guru.

KESATU ONLINE – Para dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ), kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes)  Nurul Huda Cikaregenan Setu Bekasi.

Salah satu dosen dari prodi PAI Khairil Ikhsan Siregar, LC., MA mengungkapkan, kegiatan di ponpes tersebut yaitu kegiatan tahun ketiga.

“Alasannya kesepakatan dari dosen prodi PAI menjadikannya tempat binaan PKMF prodi PAI-FIS- UNJ,” ujar Khairil.

Baca Juga:  Pemda Purwakarta Bantu Pelaku Ekonomi Kreatif

Dia menyampaikan, tema yang diusung pada pengabdian kepada masyarakat yang ketiga ini adalah “Pelatihan mengimplementasi metode tahalili(analitik) dalam memahami makna perdamaian dan kerukunan masyarakat dalam alqur’an dan hadis”.

“Karena memperkenalakan macam-macam metode baik penafsiran Alquran dan syarh/penjelasan hadis sangat dibutuhkan guru-guru pesantren,” jelasnya.

“Bagi guru-guru mitra masih perlu berbagi pengalaman ilmu dalam memperkenalkan macam-macam metode tafsir dan syarh. Maka melalui pelatihan ini dengan memberikan pengayaan dan diskusi pendalaman materi karakteristik metode tahlili diharapkan guru-guru semakin termotivasi memahami ayat-ayat Alquran dan hadis secara berkelanjutan,” sambungnya.

Baca Juga:  Prinsip Kehati-hatian Agro Jabar Sukseskan Petani Milenial

Dia menambahkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan menjalankan beberapa langkah.

“Yaitu mengumpulkan bahan-bahan berkaitan dengan tema materi kegiatan, mensurve lokasi kembali sebagai tempat kegiatan, mengkomunikasikan dan mengsingkronkan bagaimana upaya kerja sama dengan mitra dalam pelaksanaan kegiatan PKMF kemudian menawarkan kepada mitra bentuk kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan maupun workshop kemudian ditutup dengankuis dan evaluasi,” pungkasnya menutup.

Baca Juga:  Pak Uu Tinjau Penerapan Prokes di Mal

[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top