Jawa Barat

Melalui Kegiatan PKM, Dosen UNJ Latih Keterampilan Mengajar Guru PAI di Bekasi

Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rudi Muhamad Barnansyah, M.Pd.I tengah memberikan pelatihan.

KESATU ONLINE – Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rudi Muhamad Barnansyah, M.Pd.I mengungkapkan kompetensi guru adalah satu hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, upaya pemenuhan kompetensi tidak akan berjalan dengan sendirinya.

“Maka prodi agama islam UNJ, memberikan pendampingan peningkatan kompetensi guru, yakni kompetensi kepribadian, sosial, professional dan pedagogic,” ujar Rudi pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM UNJ), dengan tema: Pengembangan Kompetensi Guru Pai Melalui: Pelatihan Pendidikan Moderasi Islam Terhadap Keterampilan Mengajar PAI, di Ponpes Nurul Huda Setu Bekasi.

Baca Juga:  Hadir di Purwakarta, Foodpedia Suguhkan Makanan Khas Daerah

Dia menyampaikan, melalui kegiatan Penelitian ini dia memfokuskan untuk mengembangkan kompetensi pedagogik pada aspek penilaian autentik dan terstandar.

“Pada saaat ini guru-guru banyak mengalami kesulitan dalam menyusun, mengkonstruki atau membuat instrumen atau media pembelajaran untuk keberlangsungan suatu pembelajaran khusunya di dalam kelas,” katanya.

“Oleh karena itu penelitian pendampingan penyusunan penilaian sikap moderatisme siswa pada lembar kerja sangat penting dan diharapkan bermanfaat bagi guru, lembaga pendidikan yang dijadikan sebagai mitra serta siswa,” sambungnya.

Baca Juga:  Gubernur dan Enam Kepala Daerah Sepakat Kelola Bersama TPPAS Regional Legok Nangka

Kegiatan pendampingan ini, tambah dia, bertujuan mengembangkan kompetensi guru pesantren Pondok Pesantren Modern Nurul Huda pada aspek keterampilan mengajar yang berhubungan dengan nilai-nilai moderasi beragama, serta membudayakan nilai-nilai moderatisme pada sikap siswa, antara lain melalui pemahaman keterampilan mengajar PAI di dalam kelas.

“Mitra pendamping yakni guru-guru pada lembaga pendidikan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda. Kegiatan pendampingan terdiri dari pemberian keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran untuk sebagai media pendukung dalam kegiatan belajar mengajar di pesantren, membagi kelompok guru-guru, memetakan kesulitan guru dengan penilaian terstandar dan terakhir adalah kegiatan workshop,” pungkasnya menutup. ***

Baca Juga:  Mantap! Dosen UNJ Berikan Pelatihan Memahami Narasi Kenabian Bagi Guru di Ponpes Nurul Huda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top