Jawa Barat

Mengenal Kuliner Sate Maranggi Khas Purwakarta yang Kini Mendunia

KESATU ONLINE – Sate Maranggi merupakan salah satu kuliner yang dimiliki Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Makanan ini cukup populer. Bukan hanya di dalam negeri, Sate Maranggi pun cukup dikenal di luar negeri.

Bahkan beberapa tahun ke belakang ada salah satu chef dari Amerika sengaja ke Purwakarta untuk belajar mengolah Sate Maranggi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Sate Maranggi adalah warisan budaya tak benda.

Kuliner yang satu ini banyak dijajakan pedagang keliling, warung, dan rumah makan di wilayah Purwakarta.

“Sate ini memiliki citarasa yang begitu kuat karena bumbu rendaman yang dipakai sebelum sate dibakar membuat banyak orang ketagihan hingga rela kembali berkunjung ke kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini, hanya untuk menikmati kelezatan Sate Maranggi,” ujar bupati yang biasa disapa Ambu Anne belum lama ini.

Anne melanjutkan, sebagai warga Purwakarta patut berbangga karena kuliner khas Purwakarta mendapat gelar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB), sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 264/M/2018 tentang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (Sate Maranggi).

Baca Juga:  Masuk Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Purwakarta Gelar Apel Siaga Pengawasan

“Sudah sepatutnya kita sebagai warga Purwakarta bersama-sama terus mempromosikan dan melestarikan kelezatan Sate Maranggi ini,” tandasnya.

Hanya untuk informasi, sari sekian banyak tempat rumah makan sate maranggi yang enak dan terkenal, redaksi merangkum dari beberapa sumber 5 lokasi sate maranggi yang wajib Anda kunjungi saat ber-wisata kuliner ke Purwakarta.

  • Sate Maranggi Bah Use

Sate Maranggi Bah Use berlokasi di Cihuni, Kecamatan Pesawahan dan buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Sate Bah Use ini memiliki banyak sekali penggemar karena olahan satenya bertekstur lembut dan ukuran dagingnya cukup besar.

  • Sate Maranggi Anwar

Sate Maranggi Anwar berlokasi di Jalan Terusan Kaptem Halim, Pesawahan Kidul, ini menyuguhkan konsep lesehan sehingga pembeli bisa lebih santai saat menyantap sate. Tak hanya itu, warung sate ini memiliki panorama pedesaan yang asri dan udara yang sejuk. Anda bisa menikmati sate maranggi sambil melihat pesawahan dan pegunungan yang tentunya bisa membuatmu betah. Selain sate maranggi, warung ini juga menyajikan aneka menu istimewa lainnya seperti karedok dan ikan bakar yang tak kalah nikmat.

  • Sate Maranggi Maskar Ajib
Baca Juga:  Jabar Terima Suplemen Kesehatan Rp6,8 Miliar

Sate Maranggi Maskar Ajib berlokasi di Jalan Mr. Dr. Kusumahatmaja no 03, Cipaisan dan buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Karena lokasinya yang berada cukup dekat dengan Alun-Alun dan Masjid Agung, warung ini pun jadi langganan banyak orang saat bulan Ramadhan. Kelezatan Sate Maranggi Maskar Ajib ini tentu tak perlu diragukan lagi dan harganya tidak akan membuat kantongmu bolong.

  • Sate Maranggi Hj. Yetty
Baca Juga:  Ridwan Kamil Dorong Kepala Daerah di Jabar Tingkatkan Leadership Digital

Sate Maranggi Hj. Yetty ini berlokasi di Jalan Raya Cibungur, Bungursari dan buka setiap hari mulai jam 7.30 pagi hingga jam 9 malam. Warung sate ini terkenal cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1990 dan masih bertahan hingga saat ini. Keistimewaannya adalah bumbu bakarnya yang gurih dan sambalnya yang diulek, sehingga menciptakan rasa gurih dan manis di mulut.

  • Sasak Situ Wanayasa

Warung Sasak Situ Wanayasa bisa Anda temukan di Jalan Wanayasa, Bojong. Warung ini meyajikan sate maranggi yang lezat dengan konsep warung lesehan yang santai. Tak hanya itu, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Bahkan kamu bisa menemukan spot untuk berfoto disekitar sini.

[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top