Jawa Barat

Partisipasi Pemuda Zilenial dalam Pembangunan Kepariwisataan di Purwakarta

KESATU ONLINE – Kabupaten Purwakarta memiliki potensi sektor pariwisata yang cukup besar, baik itu destinasi wisata alam, kuliner, religi, edukasi, maupun buatan.

Dalam setiap tahunnya obyek wisata di Purwakarta mengalami perkembangan yang baik.

Hal ini perlu disambut sebagai peluang oleh generasi muda untuk dapat menggali lebih jauh lagi potensi wisata yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi warga Purwakarta.

Generasi zilenial berbeda dengan generasi terdahulu dari sisi pergaulan, maupun pola berpikir. Karenanya, kaum zilenial ini diharapkan mampu menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif.

Pemuda adalah ujung tombak seluruh sektor pembangunan yang sedang dilaksanakan saat ini. Peran serta dukungan pemuda sangat diperlukan dalam mengisi pembangunan. Pemuda bukan hanya obyek melainkan subyek pembangunan itu sendiri. Oleh karena itu, partisipasi mereka sangat perlu diwujudkan untuk dapat membangun kepariwisataan yang berkelanjutan, khususnya di wisata yang berbasis kebudayaan dan kelestarian alam lingkungan.

Baca Juga:  Kejar Target 500.000 per Hari, Jabar Gelar Gebyar Vaksinasi

Dalam kegiatan Diklat Kepemimpinan Pelajar dan Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Bidang Kepemudaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta pada hari Jumat, 15 Oktober 2021, Acep Yuli Mulya selaku Kabid Pariwisata yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut menyebutkan bahwa setidaknya ada tiga jenis pembangunan pemuda berdasarkan jenis kepariwisataan. Yang pertama promosi, kedua ekonomi kreatif, dan yang ketiga sadar wisata.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Virus Corona, Wisata di Purwakarta Tutup

Di era serba digital sekarang, pemuda dapat memberikan partisipasinya dengan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Purwakarta melalui media sosial sebagai alatnya. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin wisatawan ini domestik maupun mancanegara dapat berkunjung ke Purwakarta dan tidak hanya mengenal obyek wisata taman air mancur sri baduga saja melainkan tempat wisata lainnya yang ada di Purwakarta. Besar harapan, pemuda dalam menggunakan media sosialnya hanya untuk hiburan semata, melainkan digunakan juga untuk hal produktif.

Baca Juga:  Konsisten Laksanakan Program, Jasa Tirta II Bangun 15 Digester Secara Serentak di Pangalengan

Dan, setiap wilayah yang berada di Kabupaten Purwakarta mempunyai potensi wisata yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Untuk itu, perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan pemuda yang ada di daerah tersebut. Karena dengan begitu dapat memajukan perekonomian masyarakat sekitar dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Dan, saatnya generasi zilenial mengambil langkah kreatif, inovatif dan kolaboratif dalam memajukan pariwisata daerah bersama-sama dengan pemerintah dan elemen masyarakat lainnya. Semoga !

Oleh M. Jainal Abidin
Penulis Pelajar SMAN 1 Campaka

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top