Jawa Barat

PMI Purwakarta Kekurangan Darah, Stok yang Tersedia Hanya 88 Labu

KESATUONLINE | Permintaan labu darah dimasa pandemi mengalami peningkatan, hal tersebut dibenarkan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purwakarta.

Ketua PMI Kabupaten Purwakarta, Lalam Martakusuma membenarkan, saat ini PMI Purwakarta sedang kekurangan stok darah. Dia mencatat jumlah stok darah yang tersedia hanya terdapat 88 labu darah PRC (sel darah merah) dan 5 labu darah WB (darah lengkap) untuk semua golongan yang siap di gunakan. Selain itu ada juga sekitar 205 labu darah yang masih dalam proses karantina.

“Jumlah permintaan darah akhir-akhir cukup tinggi. Jumlah stok darah masuk kategori tidak aman atau tidak ideal,” papar Lalam, kepada awak media pada Senin (26/10).

Kekurangan darah saat ini, lanjut Lalam menjelaskan, membuat PMI Purwakarta khawatir apalagi jika merujuk pada pengalaman, setiap peralihan musim seperti sekarang ini permintaan darah kerap meningkat.

“Yang meminta darah ini bukan hanya RSUD Bayu Asih saja. Melainkan, seluruh RS Swasta dan klinik juga meminta darah ke UDD PMI Purwakarta,” pungkasnya. [hit]

Baca Juga:  Jelang HUT RI, Pak Uu Beri Motivasi Paskibraka
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top