Nasional

Delapan Anak Penerima Manfaat Binaan PKH Purwakarta Lolos Program Bidikmisi 2020

KESATUONLINE | Delapan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mengikuti program mampir belajar (pijar) binaan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Purwakarta, lolos beasiswa Bidikmisi 2020.

Koordinator Wilayah II PKH Kabupaten Purwakarta Agus mengatakan, lolosnya anak KPM yang dibina oleh pendamping PKH melalui program pijar tentunya menjadi kebangaan.

“Program yang diberi nama pijar telah berjalan sejak 2018, sebuah program yang di inisiasi Kang Adi Setiawan salah satu pendamping PKH di Kecamatan Plered,” katanya kepada awak media.

“Program pijar ini bertujuan untuk membina para anak KPM yang memiliki potensi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui program beasiswa bidikmisi,” jelasnya.

Lanjutnya menjelaskan, program Pijar sendiri bekerjasama dengan pengajar yang sudah berpengalaman di bidang pemberian mentor ke siswa kelas XII yang berminat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di indonesia dan berpengalaman mengajar di beberapa bimbingan belajar (Bimbel) di indonesia.

Sementara itu, Adi Setiawan Inisiator program pijar menjelaskan bagaimana startegi dari mulai rekruitmen seleksi anak KPM hingga proses pembelajaran 10 bulan.

“Setiap weekend selama 10 bulan, Anak-anak KPM peserta pijar kita guide mereka belajar mata pelajaran yang diujikan untuk masuk PTN, Kemudian di akhir taun ajaran baru diadakan boothcamp selama 2 minggu,” katanya.

Sebagai informasi, Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Berikut rincian Anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang lolos PTN melalui program Mampir Belajar (Pijar).

1. Andreana Muhammad, Kimia Institut Teknologi Sumatera, Lampung (Desa Gandamekar, Plered)

2. Lilah Fitria, Ilmu Hadits, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (Desa Cibogohilir, Plered)

3. Ardiawan Teknik Mesin UPI jalur SNMPTN (tidak diambil), Teknik Manufaktur Politeknik Manufaktur Swiss, Bandung. (Kecamatan Purwakarta)

4. Siti Nurjanah, Pend. sistem Informasi UPI Purwakarta (Desa Cibogohilir, Plered)

5. Pipit Fitria, Pendidikan Kimia, UIN Bandung (Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa)

6. Wini, Pendidikan Bahasa Indonesia, UNSIKA, Karawang (Desa Sempur, Plered)

7. Riki Subagja, Pendidikan sistem informasi, UPI Purwakarta (Anjun, Kecamatan Plered)

8. Asypi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Unmul Kalimantan (Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan).

Baca Juga:  Capaian Sentra Vaksinasi BPBD Jabar di Kabupaten Bekasi Lampaui Target
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top