Nasional

Disdik Purwakarta Launching Program Baru, Ini Himbauan Tegas Kadisdik Purwanto

KESATUONLINE | Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, Dr Purwanto menghimbau kepada seluruh sekolah yang dibawah naungan Disdik Purwakarta untuk melaksanakan program ‘Tatanen’, yang baru saja dilaunching, pada Selasa (22/9).

Kadisdik yang akrab disapa Kang Ipung ini menjelaskan, program ini adalah Pendidikan yang bersifat aplikatif dan berbasis pada potensi lingkungan dengan belajar pertanian.

“Selama ini kita terjebak dalam pola pemikiran bahwa pendidikan itu kaku dan begitu-begitu saja setiap waktu. Sehingga unsur air, tanah, udara dan matahari tidak pernah menjadi ilmu, tidak pernah menjadi pendidikan, tidak pernah menjadi media pembelajaran (Hidden Kurikulum) ini Ironis,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, program Tatanen ini akan menjadi sukses apabila semua pihak mendukung dan melaksanakan program terbaru ini.

“Pertama, perubahan dilakukan secara bersama dan rasa memiliki bersama seluruh warga sekolah mempunyai kepekaan, kesadaran kolektif. Seluruhnya menjadi tim dan memahami bahwa sekolah ini memiliki potensi besar. Kedua adalah Visi dan tim yang solid, semuanya harus menjadi kepemilikan bersama. Mari kita wujudkan sekolah yang mempunyai keunggulan, Keunggulan Akademisnya Bagus, penataan lingkungan penumbuhan karakter nya tumbuh sejalan dengan pembentukan karakter agar anak-anak nya mempunyai kehalusan budi, guru-guru nya mempunyai kehalusan budi sehingga nanti ada harmonis ekosistem sekolah yang baik antara manusia dengan lingkungan,” jelasnya menegaskan.

Program ini, lanjutnya menjelaskan, yaitu bagian dari proses pendidikan karakter untuk para siswa yang selama ini diterapkan di Kabupaten Purwakarta.

“Kami ingin program ini dilaksanakan oleh seluruh sekolah karena ini adalah pendidikan karakter.¬†Seluruh lahan sekolah yang bisa ditanam akan jadi medianya dan hal itu sesungguhnya tidak susah karena kita dilahirkan dari lingkungan pertanian,” katanya.

“Anak yang memiliki karakter baik, dikasih tanggung jawab merawat pohon satu anak satu pohon wajib, kalau dia mampu merawat pohon itu disiram setiap hari mempunyai kedisiplinan, dia bisa merawat tumbuh dengan baik berarti ank itu ulet, dari satu pohon saja bisa banyak menumbuhkan karakter anak,” pungkasnya. [hit]

Baca Juga:  Wagub Jabar sampaikan Protokol New Normal untuk Santri di Pondok Pesantren
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top