Nasional

Kemenkes: Vaksin Covid-19 selama Puasa Tidak Akan Menurunkan Kesehatan

KESATU ONLINE | Vaksinasi Covid-19 selama bulan ramadan masih terus dilakukan oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan demi menekan penyebaran virus yang membahayakan.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, vaksinasi Covid-19 di bulan puasa tidak akan menurunkan kesehatan seseorang.

Hingga kini belum ada penelitian terkait dampak pemberian vaksinasi di kala seseorang sedang berpuasa.

Baca Juga:  Ridwan Kamil kepada ICMI: Bantu Perkuat Digitalisasi Desa Tekan Urbanisasi

Para ahli juga berpendapat, pemberian vaksin saat puasa tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Tubuh disinyalir menjadi lebih sehat, kesehatan pun meningkat.

“Kita tahu hampir semua vaksin Covid-19 semuanya adalah vaksin baru. Banyak juga yang belum kita miliki data terkait apakah sudah ada penelitian yang mendukungnya (puasa dan vaksinasi Covid-19),” ungkap Nadia, dilansir dari PMJ News.

Baca Juga:  Lagi, Kolaborasi Kwarda-BPBD Target 600 Ribu Vaksin Habis

“Tapi secara umum dari kajian para ahli, proses puasa sebenarnya proses detoksifikasi ya, membersihkan selama ini kotoran-kotoran ataupun zat-zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh kita selama satu bulan. Dari segi kesehatan, puasa adalah salah satu upaya menjaga kesehatan.” Katanya.

Dia menjelaskan, puasa tidak akan mengurangi atau menurunkan kesehatan seseorang. Masyarakat pun diminta tak perlu khawatir tatkala mendapatkan jadwal vaksinasi saat berpuasa Ramadan.

Baca Juga:  34 Atlit Pyeong Taekwondo Purwakarta Optimis Raih Medali di Jabar Open 2020

“Tentunya, efek yang sama antara vaksin pada prinsipnya adalah memberikan atau meningkatkan kesehatan kita, ditambah juga dengan puasa. Tujuannya, tidak memengaruhi kesehatan, maka kita tidak perlu khawatir,” pungkasnya.[red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top