Nasional

Pelajar Purwakarta Jadi Role Model Kesadaran Hukum dan HAM

PURWAKARTA, Kesatuonline – Dalam rangka pembinaan kesadaran Hukum dan HAM (hak asasi manusia) di kalangan pelajar pada jenjang SMA/SMK, SMA Luar Biasa, Madrasah Aliyah sederajat di wilayah Propinsi Jawa Barat, Gubernur telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 180.05/KEP.648.DISDIK/2018 terkait hal tersebut.

Pembinaan tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu institusi saja melainkan harus bersama-sama, berkolaborasi. Karenanya, dalam hal pembinaan ini terdapat 7 (tujuh) institusi yang bahu membahu, bersinergi dan berkolaborasi, yakni Polda, Kejati, Kemenkumham, Kemenag, BNN, Kemenhan dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jabar, Hasbullah Fudail dalam Talkshow di Bale Sawala Yudhistira Kompleks Setda Pemkab Purwakarta, yang dilaksanakan usai Deklarasi dan Pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) Kabupaten Purwakarta, Selasa, 5 Maret 2019.

Baca Juga:  Ormas PP Purwakarta Laporkan Perusahaan Leasing FIF ke BPKN

“Alhamdulillah kami sangat terharu sekaligus bangga dengan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan hari ini di Purwakarta. Seluruh institusi dapat berkolaborasi, para pelajarnya kompak dan para guru pembimbing, Kepala Sekolah dan Ketua MKKS SMA maupun SMK, setda, bagian hukum dan disporaparbud dari unsur pemerintah daerah mendukung sepenuhnya. Kami berharap Purwakarta dapat dijadikan role mode pembinaan kesadaran hukum dan HAM di Jawa Barat bahkan tingkat nasional. Baru kali ini, selama 7 tahun, kami bersama bunda Suci dari Disdik Jabar menyaksikan para pelajar dan guru-guru memberikan apresiasi yang luarbiasa,” tandasnya di hadapan 500 orang pelajar dan guru.

Baca Juga:  Perlu di Contoh, Disdik Purwakarta Luncurkan ATM Beras untuk Bantu masyarakat

Nampak hadir dalam acara di Bale Sawala Yudistira, unsur TNI, Kepolisian, Kepala BNN Karawang, Disdik Provinsi Jawa Barat, Kemenkumham Jabar dan Kemenkumham Jabar.

Sebelumnya, acara pengukuhan FPSH pemberian anugerah duta hukum dan pameran karya pelajar diselenggarakan di Tribun Maya Datar dan Alun-alun Pasanggrahan Padjadjaran Purwakarta yang dihadiri oleh Kepala Kanwil Hukum dan HAM Jabar, Liberti Sitinjak beserta jajarannya, Sekda Purwakarta Iyus Permana, para Kepala OPD dan pejabat eselon III dan IV, unsur TNI, Kepolisian, Wakil Kepala Pengadilan, Kepala Lapas, FPSH Jabar, dan tidak kurang dari 2000 pelajar.

Baca Juga:  Kadisdik: Komitmen Kepsek Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dimintai tanggapannya, Kabid Kepemudaan Disporaparbud Purwakarta berharap pembinaan kesadaran hukum tersebut dapat menjadi salahsatu prioritas kebijakan pemerintah daerah.

“Kami berharap pembinaan ini dapat menjadi salahsatu prioritas pembangunan sumber daya manusia generasi muda Purwakarta sejalan dengan agenda pemerintah pusat maupun provinsi yang telah menyiapkan program pemberdayaan dan pengembangan kreatifitas pemuda dalam rangka menghadapi bonus demografi, satu abad kemerdekaan dan seiring hadirnya revolusi industri 4.0,” papar Ahmad Arif Imamulhaq.(rls/red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top