Nasional

Perlu di Contoh, Disdik Purwakarta Luncurkan ATM Beras untuk Bantu masyarakat

KESATU ONLINE | Memaksimalkan manfaat zakat, infak dan shodaqoh untuk masyarakat. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta secara resmi meluncurkan ATM Beras yang ditempatkan, di halaman kantor Disdik Purwakarta, pada Selasa (12/5/20).

Kepala Disdik Purwakarta, Purwanto mengatakan, penyediaan ATM Beras sebagai inisiatif internal Disdik dalam rangka memaksimalkan manfaat zakat, infak dan sodaqoh, yang telah lama digalangkan oleh Disdik.

“ATM Beras yang sekarang diresmikan ini adalah pengembangan dari program Disdik,” ujar, Doktor UPI Bandung, saat meresmikan ATM Beras.

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan, sumber beras yang berada di dalam ATM berasal dari zakat, infak dan sodaqoh ASN di lingkungan Disdik Purwakarta, baik itu pejabat, staf, maupun guru SD dan SMP.

Sementara, kata Purwanto, ketersediaan beras bantuan yang ada di mesin ATM, sebanyak 300 liter. Masing-masing penerima manfaat memiliki jatah 15 liter per bulan dan batas pengambilan beras maksimal 3 liter per orang.

“Dari skema tersebut, maka sementara ini kami baru bisa melayani 20 orang penerima manfaat saja. Semoga ke depan bisa terus bertambah,” katanya.

Untuk penerimaa bantuan beras, sementara ini pihaknya memprioritaskan warga sekitar kantor. Siapa saja yang menerima manfaat, imbuhnya, ditentukan berdasarkan survey, sehingga layak dinilai tepat sasaran.

“Penerima manfaat adalah jompo, fakir miskin, penyandang disabilitas. Termasuk, tukang becak yang ada dekat lingkungan kantor,” katanya.

Melalu prograam ATM Beras, Purwanto berharap, meski masih terbatas inisiatif yang dilakukan lembaganya dapat bermanfaat untuk warga sekitar.

“Kami sadar, apa yang kami lakukan ini masih sangat terbatas. Namun, semoga langkah kecil ini bisa tetap memberikan manfaat untuk warga sekitar,” pungkasnya mengakhiri. [red]

Baca Juga:  Ormas Pemuda Pancasila Purwakarta Capai Kesepakatan Damai
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top