Nasional

SMPN 2 Pasawahan Purwakarta Kelola Sampah Plastik Gunakan Metode Ecobrick

KESATUONLINE | SMPN 2 Pasawahan Purwakarta melaksanakan pembelajaran kelas Virtual Ekologi Pembuatan Ecobrick. Kelas virtual ekologi ini salahsatu metode pembelajaran yang diselengarakan SMPN 2 Pasawahan ditengah kondisi Covid-19.

Kesiswaan SMPN 2 Pasawahan Siti Patimah Djuhartini mengungkapkan, pembelajaran ini implementasi dari mata pelajaran prakarya.

“Sebelumnya pembuatan ecobrick di SMPN 2 Pasawahan sudah pernah dilakukan, namun kegiatan prakarya ini masih dikerjakan anak osis,” tutur Siti Patimah, kepada HaloPelajar.

Dengan adanya kelas virtual ekologi, menurutnya, seluruh siswa di SMPN 2 Pasawahan bisa secara langsung mempelajari dan memanfaatkan sampah plastik dengan metode Ecobrick.

“Pembuatan ecobrick kami lanjutkan kembali. Apalagi dengan dukungan dari Kadisdik Purwakarta membuat para siswa menjadi bersemangat serta menambah pengetahuan tentang ecobrick,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Osis SMPN 2 Pasawahan Siti Nurani mengaku senang bisa belajar dan mengenal pemanfaatan sampah dengan metode ecobrick.

“Alhamdullilah senang bisa nambah ilmu serta bisa belajar dengan ahlinya langsung,” ujar Nurani.

Kedepan, lanjut Nurani, kegiatan ini bakal menjadi program rutin pengurus osis di SMPN 2 Pasawahan. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada sampah yang berserakan di sekolah.

Sementara Mentor Kelas Ekologi Virtual Mochammad irvan Efrizal menyampaikan, ecobrick adalah Alternatif penganti bata konvesional yang memanfaatkan limbah kemasan plastik yang dipadatkan di dalam botol. Sehingga sambung Rizal, sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang bisa bermanfaat untuk lingkungan sekolah.

“Kalau di sekolah bisa dibikin kursi, tembok dan sebagainnya. Tentunya ini sangat bermanfaat sekali untuk lingkungan sekolah,” pungkasnya. [hit/red]

Baca Juga:  Jabar Sudah Suntikan 34 Juta Dosis ke Warga
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top