Pemerintah

Bangunan Liar Diduga Sebabkan Mampetnya Irigasi Tegal Junti Hingga Jebol

KESATUONLINE | Kabid Trantib Satpol PP Purwakarta Dedeh Sofia Hasanah mengatakan, robohnya irigasi di Kampung Tegal Junti Kelurahan Tegal Munjul Kecamatan Purwakarta, yang terjadi pada Rabu (1/01/2020). Diduga akibat bangunan liar yang menutup saluran air dan skam yang menggunung yang bersumber dari penggilingan padi.

Menurut Dedeh, dugaan itu terlihat dari titik lokasi yang hanya berjarak sekitar 200-an meter dari irigasi.

“Dugaan sementara, bangunan liar dan penggilingan padi sebagai penyebab runtuhnya irigasi. Sehingga terjadi pengikisan dasar tanah oleh air, karena di bagian bawah (dataran rendah) saluran air telah terjadi pendalaman,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, menurut penuturan warga setempat, Vian (30) mengatakan hujan deras terjadi sejak pukul 14.00 wib membuat air deras yang berada di bawah jembatan di Munjul menggerus pinggir pondasi. Saat ini, kata Vian, sudah datang petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (Diskar PB) Purwakartauntuk mengantisipasi bencana yang lebih besar.

“Tadi awalnya itu saat air datang dengan volume yang besar dan deras langsung menggerus tanah pinggir jembatan. Yang bisa lewat hanya motor, kalau mobil gak bisa,” pungkasnya. [nto]

Baca Juga:  Peringati Hari Tanam Pohon Sedunia, Pemkab Purwakarta Tanam Pohon Lame
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top