Pemerintah

Satpol PP Purwakarta Ingatkan Perusahaan Patuh Protokol Covid-19 Dalam Rekrut Tenaga Kerja

KESATUONLINE– Satpol PP mengingatkan perusahaan di Purwakarta agar mematuhi protokol Covid-19. Apalagi saat merekrut tenaga kerja. Jangan sampai membuat kerumunan.

Satpol PP tidak segan-segan menindak tegas siapa saja yang membuat kerumunan dan abai pada protokol Covid-19, tidak pakai masker dan jaga jarak.

Kepala bidang Ketentraman dan Ketertiban umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabid Trantibum Satpol PP Purwakarta, Dedeh Sofia Hasanah yang akrab disapa Mincreunk mengatakan, dalam mendisiplinkan perusahaan ataupun masyarakat, Satpol PP sudah diberikan kewenangan untuk memberikan sanksi bagi yang tak patuh protokol kesehatan.

Baca Juga:  Lima Rumah Sakit Ini Bakal Tampung Pasien Covid-19

“Saat ini sudah ada Perbup Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten purwakarta, kita diberikan kewenangan untuk memberikan sanksi, bagi perusahaan atau masyarakat yang tak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19,” tegasnya, Sabtu(12/09).

Menanggapi satu perusahaan di Purwakarta yang bikin kerumunan saat merekrut tenaga kerja di Purwakarta baru-baru ini, Mincreunk menyayangkan peristiwa tersebut.

Mincreunk menegaskan sudah memberikan peringatan kepada perusahaan dan mengedukasi agar manajemen agar patuh protokol kesehatan. Mincreunk juga menyarankan agar perusahaan merekrut tenaga kerja melalui mekanisme daring atau online.

Baca Juga:  Lima Kepala Dinas Baru Resmi Dilantik Bupati Purwakarta

“Kesalahan yang utama dari pihak pabrik semestinya bisa secara online untuk menerima para pegawai apalagi pemerintah secara tegas bahwa kegiatan diupayakan harus secara online,”

Mincreunk mewanti-wanti jika terjadi lagi seperti itu maka pihaknya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas dengan cara membubarkan secara paksa kerumunan yang sedang berlangsung dan memberikan sanksi kepada penyelenggara agar mengikuti saran pemerintah untuk melakukan hal apapun secara online.

“Apabila hal ini tidak disikapi dengan baik maka secara terpaksa kami akan memberikan sanksi tegas mungkin akan di kaji ulang perizinannya” jelasnya.

Baca Juga:  Pemerintahan Purwakarta Berinovasi dalam Pengelolaan Sampah

Menurut mincreunk, pemerintah sendiri sudah sering melakukan sosialisasi dan razia kepatuhan penerapan protokol kesehatan, namun tak sedikit masyarakat yang masih abai. Sehingga dengan adanya langkah tegas tersebut, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat di era tatanan kehidupan baru atau new normal.

Dalam Perbup tersebut juga memberi kewenangan Satpol PP untuk membubarkan kerumunan atau kegiatan yang melibatkan banyak orang. [Anto]

Editor: Timur

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top