Pemerintah

Seminar Pengelolaan Sampah, Disdik Purwakarta Hadirkan Aktivis Cilik Pecinta Lingkungan

KESATUONLINE | Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta terus berupaya mengkampanyekan pengelolaan sampah plastik dilingkungan pendidikan Purwakarta.

Mewujudkan hal tersebut kali ini, Disdik Purwakarta menggelar kegiatan seminar bertajuk “Sambung Rasa Desa Walagri, Sakola Berseka, Adab Nyampah”, di Aula Bale Sawala Yudhistira Pemerintah-Kompleks Kantor Pemkab Purwakarta, Senin (10/02). 

Kadisdik Purwakarta Purwanto mengatakan, bahwa kepekaan terhadap lingkungan harus menjadi kesadaran bersama. Contohnya, seperti yang dilakukan Nina, siswa SMPN 12 Gresik yang kritis mengirimkan surat kepada beberapa Kedutaan Besar seperti negara Amerika dan Australia.

“Sejak awal MPLS, kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta telah mendeklarasikan diri untuk memerangi sampah plastik di sekolah. Sehingga, di semua aktifitas di lingkungan sekolah, baik selama proses KBM maupun rapat tidak lagi menggunakan produk berbahan plastik,” kata Kang Ipung, saap populer kadisdik dalam sambutannya.

Dari kebijakan tersebut, lanjutnya, hari ini sudah banyak sekolah yang mulai membiasakan penggunaan tumbler. 

“Jadi apa yang menjadi kebijakan Bupati Purwakarta kita sudah menjalankan di lingkungan Dinas Pendidikan. Kebijakan ini akan terus kita terapkan secara massif di lingkungan sekolah. Dengan kebijakan ini, ke depan, kami harap bukan hanya anak-anak sekolah mulai mengurangi sampah plastik, tetapi juga seluruh masyarakat di kabupaten Purwakarta,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Pengurus Osis SMP, Kepala Sekolah, Para Pengawas, Kepala Desa, Para Camat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Purwakarta. Sementara, sebagai narasumber, Aeshina Azzahra Kilani (Siswi SMPN 12 Gresik Aktivis lingkungan hidup), Novrizal Tahar (Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Dedi Mulyadi (Anggota DPR RI). [hit]

Baca Juga:  Dinkes Purwakarta Ingatkan Masyarakat Waspada Virus Corona
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top