Pendidikan

KPA Purwakarta Bentuk Tim Kedaruratan Covid-19, Antisipasi Odha Terpapar

KESATUONLINE | Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Purwakarta menginisiasi tim kedaruratan HIV ditengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

Pengelola Program pada KPA Kabupaten Purwakarta Wahyu Yulhaidir mengatakan, kelompok orang dengan Aids (Odha) merupakan kelompok yang beresiko rentan terkena virus covid-19, dikarenakan imunitas tubuhnya terpapar oleh virus hiv.

“Di tahun 2019 ada sekitar 160 kasus baru Odha. Ada penuruan temuan kasus ditahun 2018 yakni 194 kasus,” kata Wahyu, kepada media.

Pihaknya mensiagakan petugas on call untuk tanggap darurat. Petugas tersebut langsung terkordinasi dengan Tim HIV Puskesmas dan Pokja HIV di Rumah sakit Bayu Asih di bantu Oleh Warga Peduli AIDS yang siap membantu dalam penanganan kedaruratan.

“ini adalah keterpanggilan kemanusian untuk membantu melindungi Odha dengan langkah antisipasi siap menghadapi hal terburuk pada Odha,” katanya.

Langkah tersebut, kata Wahyu, diambil atas dasar sisi kemanusiaan untuk tetap menjaga kesehatannya. Walaupun dengan berbagai keterbatasan anggaran dan Alat Pelindung Diri di darurat wabah covid 19.

“Himbauannya sesuai protokol Covid 19 agar Odha tetap pada Physical distancing  dan social distancing tetap Diam di Rumah bekerja di rumah, belajar di rumah serta beribadah di rumah disiplin minum obat serta selalu menjaga kesehatan ,” katanya mengakhiri. [ris/red]

Baca Juga:  Hasil Tes SKD Belum Diumumkan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top