Politik

Sambil Hujanan, Jokowi Tinjau Lumbung Pangan Baru di NTT seluas 5.000 Hektare

KESATUONLINE | Hujan lebat yang menguyur Desa Makata Keri di Sumba Tengah, NTT, tak menyurutkan niat Presiden Joko Widodo atau yang akrab Jokowi untuk meninjau lokasi lumbung pangan baru seluas 5.000 hekater yang dibangun di NTT.

“Kawasan yang saya tinjau ini adalah lumbung pangan baru seluas 5.000 hektare yang dibangun di NTT yang 3.000 hektare di antaranya untuk padi, selebihnya ditanami jagung,” ujar Jokowi, yang ditulis lama resmi facebook orang nomor satu Indonesia.

Menurutnya, Kendala pengembangan lumbung pangan di NTT ini adalah ketersediaan air untuk mengairi persawahan. Untuk itu, pemerintah membangun hingga sebanyak 200 sumur bor dan beberapa embung untuk pengairan sawah. Itu pun masih jauh dari cukup.

“Saya telah menginstruksikan Menteri PUPR untuk melihat potensi pembangunan waduk atau bendungan di wilayah ini. Selain itu, saya memerintahkan Menteri Pertanian untuk turut memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan para petani setempat,” katanya.

“Dengan food estate di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, dan NTT, saya berharap akan bisa terbangun ketahanan pangan yang baik untuk negara kita,” pungkas ayah Walikota Solo Gibran ini. [red]

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dorong Desa/Kelurahan di Jabar Punya Ruang Isolasi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top