Politik

Siaga Banjir, Jakarta Siapkan 120 Pompa Mobile

KESATUONLINE | Mengantisipasi kenaikan muka air laut di kawasan Jakarta Utara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiagakan 120 pompa mobile.

“Gubernur sudah membuat instruksi agar ada posko mulai dari kelurahan, kecamatan dan kota. Itu agar deteksi dini yang diinfokan dari BMKG akurat sampai masyarakat,” kata Saefullah, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, dilansir laman beritajakarta.id.

Dia menjelaskan, meski belum ada laporan mengenai genangan rob, namun tanda-tanda kenaikan muka air laut sudah terasa. Terutama saat dirinya melakukan perjalanan laut dengan perahu dari Ancol ke Muara Angke.

“Ketika di perahu saya merasakan gelombang yang cukup tinggi,” akunya. Ia menyampaikan, selain pompa mobile, Pemprov DKI Jakarta juga sudah menyiapkan mesin genset agar pompa stationer tetap bisa bekerja sesuai kebutuhan. Sebab, saat terjadi genangan beberapa waktu lalu, sejumlah pompa sempat terkendala pasokan listrik dari PLN.

Di samping itu, sambung Saefullah, masyarakat juga diimbau untuk tetap menjaga kebersihan agar sampah yang terbawa aliran air nantinya tidak mengganggu sistem pengendali banjir. Berdasarkan hasil kerja bakti di salah satu lokasi terdampak banjir, volume sampah yang dikumpulkan mencapai 260 meter kubik.

“Satu titik kerja bakti itu ada yang sampai 52 truk berisi sampah, gubernur sudah membuat instruksi agar ada posko mulai dari kelurahan, kecamatan dan kota,” pungkasnya. [rls/red]

Baca Juga:  PP GMNI Pertanyakan Posisi BPOM Dalam Perang Lawan Covid
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top