Purwakarta

Bersama PT SPV Purwakarta, Ratusan Siswa dan Masyarakat Belajar Keterampilan Safety & Fire Drill

Pelajar dan Masyarakat ikut kegiatan keterampilan yang digelar PT SPV.

KESATU ONLINE – Melalui program berbagi pengetahuan dan keterampilan terkait keselamatan dan pemadaman api. PT South Pacific Viscose (SPV) Kabupaten Purwakarta, menggelar pelatihan Safety & Fire Drill bagi masyarakat sekitar, pada 28-29 September 2022.

“Pengetahuan dan keterampilan terkait keselamatan termasuk juga kemampuan memadamkan api adalah salah satu pengetahuan yang perlu kita miliki. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan lingkungan sekitar kita, kemampuan seperti ini akan menjadi sebuah life skill yang berguna bagi kehidupan sehari-hari,” jelas Sri Aditia, Presiden Direktur PT South Pacific Viscose.

Dalam program ini, SPV mengajak para siswa dari Yayasan Pendidikan Islam Risalatul Haq Pimpinan Ustad Sidik Rustam sebagai partisipan.

Baca Juga:  Dua Tim Voli Sinar Jabar Tunjukan Taringnya, Sukses Rebut Juara 1 dan 2

Terdapat total 354 peserta yang mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari 86 siswa TK, 162 siswa SD, dan 106 orang tua pendamping.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain adalah keselamatan penggunaan kompor gas dimana tim ERT (Emergency Response Team) dari SPV mendemostrasikan cara menangani kebocoran gas dan memadamkan api jika terjadi kebakaran di kompor gas.

Selain itu ada juga materi pertolongan pertama kondisi gawat darurat dimana peserta belajar menangani orang yang pingsan, bagaimana prosedur dan tata cara penanganan.

Kemudian tim pemadam kebakaran SPV mendemonstrasikan tata cara memadamkan api, menggunakan alat pemadam kebakaran dan mobil pemadam. Tim ERT dari SPV juga memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, menanggapi, dan dan mengantisipasi situasi gawat darurat di lingkungan pabrik SPV.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Rilis Kondisi Covid-19

“Kegiatan ini adalah hal yang rutin kami laksanakan, namun terakhir kali kami melakukan Safety & Fire Drill adalah tahun 2019 sebelum pandemi. Sekarang kami jalankan kembali dan para peserta terutama anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini,” terang Yana Apriyandi, Ketua Satgas COVID-19 SPV dan SHE Manager.

Melalui program ini diharapkan masyarakat terutama para peserta program bisa setidaknya mengenali tentang penanganan situasi bahaya. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Tim ERT dari SPV yang terdiri dari 165 karyawan perwakilan dari semua departemen di pabrik SPV. Sebelumnya beberapakali tim ERT SPV juga mendapatkan penghargaan juara antar petugas DamKar yang diadakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Pengumuman Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Purwakarta Pindah Alamat

“Para peserta angat antusias dan mendapatkan wawasan ilmu terkait dengan penanganan pertolongan pertama, serta dapat praktek lansung teknis pemadaman api. Selain itu, para siswa dan siswi sekaligus para orang tua sangat berterima kasih karena ada banyak ilmu yang didapatkan di program outing class tersebut,” pungkas Sidik Rustam, Penasehat YPI Risalatul Haq. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top