Nasional

Polisi Terus Bongkar Jaringan Pelaku Pinjol Ilegal

Ilustrasi Pinjaman Online Ilegal (Sumber: PMJ News)

KESATU ONLINE – Pihak kepolisian terus membongkar pelaku kasus pinjaman online atau pinjol ilegal yang masih beroperasi.

Baru-baru ini pihak Polda Metro Jaya baru saja mengungkap, pelaku pinjol ilegal yang beroperasi di Indonesia bekerja dari rumah atau dengan sistem payment gateway.

Bahkan pihak kepolisian telah berhasi menangkap pelaku yang berada di bagian operasional dari yang statusnya hanya karyawan pinjol ilegal.

Baca Juga:  Disdik Purwakarta Minta Sosialisasikan AKBB Covid 19 Kepada Peserta Didik

“Kalau dulu saat kita melakukan penangkapan dengan gencar banyak tersangka (yang ditangkap), sampai kita dapat pelaku utamanya. Sekarang berubah sistemnya. Mereka tidak lagi kerja di kantor, tapi di rumah,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis, kepada wartawan, Rabu 15 Juni 2022.

Melansir dari laman PMJ News, dia mengungkapkan kesulitan menangkap pelaku utama karena cara kerja perusahaan yang sekarang telah berubah.

Baca Juga:  Fokus JP: Terimakasih Pemkab Purwakarta dan JNE Express

Banyak pemilik atau penyuplai dana pinjol ilegal di Indonesia yang berada di luar negeri.

Kehadiran sistem payment gateway membuat para pemilik atau penyuplai dana bisa mengoperasikan perusahaan pinjol ilegal miliknya dari luar negeri, sehingga mereka tidak perlu datang untuk melakukan transaksi.

“Dulu mereka punya rekening di Indonesia, jadi perusahaan langsung menerima uang dari customer atau dia langsung yang kirim ke nasabah atau orang yang pinjam uang di perusahaaan tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di 2020 Meningkat

“Itulah kesulitan kita menangkap pelaku utamanya, dan ini (sudah) menjamur. Ini sistem yang mereka sudah lakukan. Makanya dalam kesempatan ini saya imbau ke masyarakat, kalau mau pinjam online ke perusahaan yang benar-benar terdaftar (di Otoritas Jasa Keuangan). Kalau enggak, janganlah,” pungkasnya. [red]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top