Purwakarta

Gerakan Konservasi, Jasa Tirta II Tebar 25 Ribu Benih Ikan dan Taman Pohon di Waduk Jatiluhur

Kolaborasi Jasa Tirta II dengan Forkompinda dalam gerakan konservasi.

KESATU ONLINE – Dalam rangka bulan bakti memperingati HUT ke-55 Jasa Tirta II dan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jasa Tirta II menebar benih ikan
sebanyak 25 ribu ekor dan penanaman pohon di Waduk Jatiluhur pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Kegiatan yang mengangkat tema Konservasi Untuk Ibu Pertiwi ini merupakan bagian dari upaya Jasa Tirta II untuk menjaga keberlangsungan ekosistem dan alam di Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri Dewan Pengawas dan Direksi Jasa Tirta II mengajak Wakil Bupati Purwakarta H. Aming, Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Affandi, Kapolres Purwakarta AKBP Edward Zulkarnain, Perwakilan Kejaksaan Negeri Purwakarta, Perwakilan Pengadilan Negeri Purwakarta

Baca Juga:  Tingkatkan Investasi di Indonesia, Lenzing Group Fokus Pada Produksi Eco-Responsible Fibers

Direktur Operasi dan Pemeliharaan Jasa Tirta II Anton Mardiyono mengatakan Jasa Tirta II rutin melakukan kegiatan konservasi sebagai bentuk cinta, bakti dan tanggung jawab Perusahaan yang diberikan seluas-luasnya bagi masyarakat dan lingkungan alam sekitar.

Kolaborasi Jasa Tirta II dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Purwakarta (Forkompinda) dalam gerakan konservasi ini sebagai percontohan kepada masyarakat bahwa kepedulian terhadap alam perlu terus dipupuk dan dikampanyekan demi berlangsungnya kehidupan.

Baca Juga:  Inovasi Pelayanan Publik, Pemkab Purwakarta MoU dengan Menpan-RB  

“Air sebagai sumber kehidupan perlu terus dijaga ketersediaan dan kelestariannya agar dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, pada Semester 1 Tahun 2022, Jasa Tirta II telah melaksanakan kegiatan konservasi penanaman sebanyak 2.920 pohon, pengangkatan lumpur, pengangkatan eceng gondok, pembersihan saluran, babadan rumput, pemberdayaan masyarakat melalui program energi baru terbarukan biogas untuk mengurangi pencemaran sungai dan lain-lain.

“Selama 55 tahun berdiri, Jasa Tirta II  menjalankan tugas mulia mengairi areal pertanian sekitar 240.000 hektar di Jawa Barat bagian utara secara gratis kepada para petani, memasok sekitar 80 persen air baku air minum untuk PAM DKI Jakarta dan PDAM Kabupaten/Kota Bogor, Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, dan Bandung Raya, pembangkitan listrik tenaga air melalui PLTA Ir. H. Djuanda yang merupakan bagian dari sistem vital listrik nasional Jawa dan Bali, pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan mengelola wisata di Jatiluhur,” pungkasnya.[red]

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Gandeng Unsur Masyarakat Lakukan Mitigasi Bencana Alam
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

To Top